Cari Blog Ini

Jumat, 08 Juni 2018

Telkom Pastikan Kelancaran CCTV Pantauan Arus Mudik

BANDUNG, - Telkom memastikan kelancaran jaringan yang mensupport pelayanan closed circuit television (CCTV) yang dioperasikan Kementerian Perhubungan dan Kepolisian RI, terutama di lintas Jawa selama arus mudik dan balik Lebaran 2018.
"Mereka termasuk yang mendapatkan pelayanan prioritas, karenanya kita pastikan keandalannya," tandas EVP Telkom Regional III Jabar-Banten, Ketut Budi Utama di Bandung, Jumat (8/6).
Pantauan melalui CCTV menjadi sarana vital bagi kedua institusi tersebut dalam pengamanan gelombang kendaraan dari Jakarta dan Bandung menuju sejumlah kota di Jabar, Jateng, DI Yogyakarta, dan Jatim.
Pantauan secara real time itu selama ini di antaranya digunakan untuk melakukan penanganan secara cepat atas kemacetan sehingga arus kendaraan bisa terurai dengan cepat.
Telkom menyebut jaringan itu menyebar di tiga jalur utama pergerakan kendaraan yakni Jalur Pantura, Tengah, Selatan, hingga tiga ruas tol utama seperti Tol Cikampek, Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), dan Tol Purwakarta-Bandung-Cileunyi (Purbaleunyi) di samping titik rawan seperti Nagreg dan Gentong.
Kesiapan itu termasuk penanganan cepat terhadap problem yang terjadi pada sistem. BUMN Telekomunikasi itu menyebut normalisasi sistem paling lambat hanya membutuhkan waktu selama tiga jam.
"Penanganan itu bisa cepat karena kami melakukannya dengan aplikasi. Dengan demikian setiap laporan terdeteksi, dan pelanggan tak perlu menghubungi karena secara otomatis tim siaga langsung bergerak," katanya.
Selain CCTV Kemenhub dan Polri, Telkom memberlakukan pelayanan serupa terhadap pelayanan ATM, bank, ticketing KA, hingga bandara. Pengalaman tahun lalu, Telkom sempat mengalami kendala sistem. Mereka butuh 2,5 jam untuk melakukan recovery terhadap sistem.



Sumber Berita :  https://www.suaramerdeka.com/news/baca/93820/telkom-pastikan-kelancaran-cctv-pantauan-arus-mudik