Cari Blog Ini

Senin, 09 Juli 2018

419 Warung Lolos Verifikasi Program E-Warung

REMBANG- Sebanyak 419 warung dari 14 kecamatan Kabupaten Rembang telah disiapkan untuk menjalankan fungsi e-warung. Mereka ke depan diharapkan mampu melayani bantuan pangan non tunai, pengganti beras sejahtera (rastra).
Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Rembang, Sri Wahyuni melalui Kabid Pemberdayaan Sosial Dwi Martopo menyebutkan, ratusan warung tersebut telah selesai verifikasi. Agar penunjukan tepat guna.
”Usulan yang masuk cukup banyak, ada 504 warung. Namun dari ratusan yang diusulkan yang dinyatakan layak 419 warung,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Kudus, Sabtu (7/7).
Menurutnya, ratusan warung yang tidak layak disebabkan kesalahan menunjuk orang. Misalnya saat di input ternyata warung nasi, bengkel, konter HP. Padahal sejatinya e-warung, kriterianya toko kelontong, koperasi ataupun BUMDes.
”Kriteria sudah ada, toko kelontong yang menjadi layanan masyarakat milik swasta atau pribadi. Bisa juga koperasi, BUMDes dan tempat harus memadai,” terangnya.
Menurutnya 419 warung tersebut, nantinya akan melayani Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di wilayah setempat 69.904. Teknisnya e-warung setiap desa maksimal 250 KPM, kalau lebih di satu wilayah yang ditunjuk dapat dua warung.
Dia menyebutkan program e-warung mulai dijalankan bulan ini. Namun begitu pihaknya hingga kemarin belum mendapatkan surat dari pusat. Artinya daerah sebatas menunggu informasi lanjutan, apakah ada kebijakan baru.”Tentu daerah menyesuaikan kebijakan pusat,” ujarnya.
Dia menambahkan secara prinsip program rastra tak ada yang berubah hanya beralih fungsi saja. Penunjukan e-warung nantinya digunakan penukaran belanja beras atau telur. Dengan komposisi nilainya yang diberikan setiap KPM sebesar Rp 110 ribu.
“Sambil  menunggu kepastian program. Persiapan teknis telah kami lakukan. Misalnya ketersediaan alat electronic data capture (EDC) dari bank mitra. Sehingga saat waktunya dapat melayani KPM,” bebernya.



Sumber Berita : https://radar.jawapos.com/radarkudus/read/2018/07/09/86587/419-warung-lolos-verifikasi-program-e-warung