Cari Blog Ini

Rabu, 02 Januari 2019

Pemkab Siap Dukung Kades di Sarang Yang Ingin Moncerkan Pathol Sarang

REMBANG-Bupati Rembang H.Abdul Hafidz menginstruksikan Dinbudparpora untuk mendukung niatan Kepala Desa di Kecamatan Sarang untuk membuat festival Pathol Sarang di 2019. Harapannya Pathol Sarang tidak hanya menjadi seni gulat tradisional saja, tetapi dapat memiliki dampak ekonomi bagi warga.
 
Pathol Sarang beberapa kali ditampilkan dalam event besar oleh Pemkab Rembang, seperti saat Hari Jadi Kabupaten Rembang.
Seluruh Kepala Desa di Kecamatan Sarang bertekad mengangkat kesenian Pathol Sarang. Sebagai seni gulat tradisional yang bersifat olahraga dari Kecamatan Sarang itu, mereka merasa memiliki tanggung jawab untuk ikut melestarikannya.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Karangmangu, Jumali saat dinamika pemerintahan dan pembangunan, di pendapa kecamatan Sarang, belum lama ini. Menurutnya festival Pathol Sarang di Desanya kemarin antusias masyarakat cukup tinggi.
 
Ia menambahkan untuk melestarikan dan mempopulerkan Pathol Sarang paguyuban Kades Kecamatan Sarang rencananya membuat event besar. Festival Pathol Sarang akan digelar 2019 ini.
 
“Kemarin paguyuban itu siap urunan Rp.20juta per desa untuk festival Pathol 2019. Siap membuat rekor MURI, ” imbuhnya.
 
Pihaknya mengharapkan bantuan Pemkab Rembang dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata agar bisa membantu.