Jakarta, 18 Juli 2019 - KBRI Kuala Lumpur
melalui program inovasi KBRI KL Jaman Now berhasil meraih penghargaan
Top 99 pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) yang diadakan oleh
Kementerian PANRB. Program inovasi KBRI KL Jaman Now menawarkan
Pelayanan dan Pelindungan yang beorientasi pada pemberdayaan dan
pendidikan WNI untuk meningkatkan harkat dan martabat anak bangsa.
Penyerahan
penghargaan dilakukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan
Reformasi Birokrasi, Syafruddin, kepada Sekretaris Direktorat Jenderal
Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri, Winanto Adi di Semarang,
pada hari Kamis, 18 Juli 2019.
Inovasi
KBRI KL Jaman Now merupakan wujud nyata semangat Service Excellence
Beyond Expectation Kementerian Luar Negeri yang berupaya untuk
meningkatkan kualitas dan akses pelayanan kekonsuleran melalui KBRI Buka
24-Jam, ANCOL (Antrian Cara Online) untuk Permohonan Antrian
Paspor/Visa, Si-PONCO (Sistem Pengambilan Nomor Anti Calo), Si-LACI
(Sistem Layan Ambil Cepat Imigrasi), KIPAS (Kirim Paspor Pakai Pos), SMS
Gateway, serta renovasi dan pembangunan ruang layanan baru dan
percepatan pelayanan konsuler.
Selain
itu, inovasi KBRI KL Jaman Now juga dilakukan melalui program
pemberdayaan melalui pelatihan WNI Bermasalah “Saya Mau Sukses" dan
pembangunan Community Learning Center di perkebunan kelapa sawit untuk
memberikan akses pendidikan kepada ribuan anak2 TKI yang selama ini
tidak mendapatkan akses pendidikan karena status keimigrasian mereka.
Kedua program dimaksud merupakan implementasi dari prioritas pelayanan
publik Kementerian Luar Negeri dalam memberikan pelindungan lebih bagi
WNI di luar negeri, (Beyond Protection) dengan mengedepankan
pemberdayaan WNI melalui pendidikan dan pelatihan keterampilan yang
bertujuan untuk memberikan kehidupan yang lebih baik dan bermartabat..
KIPP
2019 diikuti oleh 3.156 program inovasi dari 331 unit kerja pelayanan
publik Instansi Pemerintah Pusat dan Daerah, serta BUMN/D seluruh
Indonesia. Program Inovasi KBRI KL Jaman Now bersama dengan peraih Top
99 lainnya akan kembali mengikuti seleksi untuk masuk pada tahap akhir,
Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2019.Sumber : https://kemlu.go.id/portal/id/read/468/berita/inovasi-pelayanan-publik-kemlu-raih-penghargaan-dalam-kompetisi-inovasi-publik