Cari Blog Ini

Jumat, 19 Juli 2019

Soal Normalisasi, Bupati Tegaskan Dukungannya Untuk BBWS

PATI-Bupati Pati kembali menegaskan dukungannya untuk Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juwana yang akan melakukan normalisasi Sungai Juwana mulai dari jembatan lama hingga titik yang ditentukan. Hal itu dikemukakannya saat menghadiri rapat bersama Wakil Bupati, Sekda dan dinas terkait,hari ini, di Ruang Joyokusumo
Dalam kesempatan itu, panitia rapat juga mengundang segenap pihak terkait seperti kepala desa setempat, tokoh masyarakat, perwakilan dari para pemilik kapal serta syahbandar. "Tujuan kita mengundang unsur - unsur terkait adalah agar dalam pelaksanaannya nanti, dapat dikerjakan dengan lancar, mudah,  tanpa kendala di lapangan", harapnya.
Terkait bangkai - bangkai kapal yang tak terpakai, menurut Bupati, akan ada pihak yang bersedia membelinya. Bahkan, pihak tersebut pun mau mengangkat bangkai kapal dari perairan.  Terlebih, material kapal seperti kayu, besi dan seterusnya laku dijual.
"Oleh karena itu hal tersebut tidak menjadi persoalan. Apabila masih ada bangkai kapal yang tersisa, akan diangkat rekanan ketika tahap pengerjaan normalisasi sungai Juwana dimulai", terang Haryanto.
Tak hanya itu, imbuh Bupati, untuk kapal yang tidak aktif pun nantinya akan digeser yakni dengan bantuan Polairud, Syahbandar serta keamanan terpadu dan dari pihak desa. Termasuk juga apabila terjadi permasalahan maupun kesulitan ketika pengerjaan di lapangan, Bupati Pati bersama Wakil Bupati Pati akan siap sedia membantu jika memang dibutuhkan.
"Kepada pemilik kapal bahwasanya mencari anggaran guna normalisasi sungai ini tidak mudah, mohon dukungannya serta jangan lupa untuk menghimbau kepada rekan - rekannya agar segala proses pelaksanaan normalisasi ini berjalan dengan baik. Sebab normalisasi ini dibutuhkan semua pihak, para petani, para nelayan dan pemilik kapal", ujar Bupati.
Sementara itu, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juwana, Ruhban Ruzziyatno menyampaikan bahwa dengan berbagai upaya dan setelah mendapat persetujuan dari menteri beserta DPR RI, pengerjaan normalisasi sungai Juwana akan terealisasi tahun ini.
"Dengan berbagai upaya juga kita alokasikan sebesar Rp 40 Milyar. Tapi ternyata dari pemenang lelang ini hanya di angka Rp 32 Milyar", ujarnya saat dikonfirmasi.
Sebetulnya apabila berbicara terkait penanganan Serang, Lusi, Juwana (Selina), menurut Ruhban, ini sudah masuk desain. Sehingga pada 2021 nanti, sudah akan tertangani semuanya, termasuk normalisasi Sungai Juwana.
"Sehingga nanti mulai dari Serang, Bendung Wilalung, hingga sungai Juwana ini tertangani dengan baik. Dan guna mengantisipasi banjir, tahun ini sudah kita upayakan Rp 32 milyar, dan tahun depan kita usulkan Rp 100 M, sehingga akan nyambung dan berkelanjutan", pungkasnya.


Sumber :  https://www.patikab.go.id/v2/id/2019/07/18/soal-normalisasi-bupati-tegaskan-dukungannya-untuk/