Jakarta, 19 Mei 2020
Perubahan perilaku
merupakan hal yang sangat penting untuk menekan penyebaran Covid-19.
Karena itu pemerintah menyediakan layanan Interactive Voice Response
(IVR) 321 sebagai salah satu media edukasi pencegahan Covid-19.
Layanan tersebut diinisiasi oleh Kementerian Kesehatan, USAID, dan PT XL Axiata Tbk dan dilaunching hari ini, Selasa (19/5).
Launching
Kampanye Berubah Usir Wabah, Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku
dalam Pencegahan Covid-19 dan layanan 321 interactive Voice Response
dilakukan secara virtual di Jakarta. Menteri Kesehatan RI dr. Terawan
Agus Putranto mengatakan wabah Covid-19 tidak hanya berdampak pada aspek
kesehatan, tetapi juga aspek kemanusiaan, sosial, dan ekonomi secara
lebih luas.
''Semakin meluasnya dampak wabah
ini, perlu disikapi dengan percepatan peningkatan pengetahuan masyarakat
untuk mengatasi potensi risiko dan ancaman masalah kesehatan, agar
masyarakat mampu mengambil langkah tepat dan cepat untuk melindungi diri
dari Covid-19,'' katanya di Jakarta, Selasa (19/5).
Namun,
kenyataannya, berubah bukanlah suatu hal yang mudah. Berubah untuk
mengusir wabah Covid-19 memerlukan suatu langkah pendekatan komunikasi
khusus yang mengarah pada tujuan perubahan perilaku kunci untuk
menurunkan kasus Covid-19.
Strategi Komunikasi
Perubahan Perilaku Dalam Pencegahan Covid-19 telah disusun bersama Tim
Johns Hopkins Center for Communication Program sebagai counterpart dari
USAID. Dokumen ini menjadi acuan bagi berbagai pihak terkait dalam
memberikan edukasi dan mendorong perubahan perilaku masyarakat yang
mengarah pada pencegahan Covid-19.
Selain itu,
layanan 321 juga menjadi salah satu pilihan saluran komunikasi yang
dapat diakses oleh masyarakat umum untuk memperoleh informasi tentang
Covid-19.
Direktur USAID Indonesia Ryan
Washburn mengatakan dalam perang melawan Covid-19, kita semua
menghadapinya bersama-sama. USAID serta seluruh masyarakat,
pemerintahan, LSM, dan sektor swasta mendukung respons terhadap
COVID-19, di Amerika dan di seluruh dunia.'' ujarnya. ''Launching hari
ini menggambarkan komitmen bersama kami untuk menjangkau masyarakat yang
tinggal di daerah paling terpencil sekalipun dengan informasi yang
terpercaya, mudah dilakukan sehingga dapat menyelamatkan jiwa,''
tambahnya.
Di samping itu, pada kerja sama ini
PT XL Axiata Tbk terus berupaya menyediakan sarana yang mudah bagi
pelanggan dan masyarakat untuk mendapatkan informasi seputar pandemi
Covid-19. Layanan terbaru yang kini dikenalkan berupa layanan telepon
321 memberi kesempatan kepada lebih banyak masyarakat Indonesia yang
memiliki keterbatasan dalam akses internet untuk memperoleh beragam
informasi.
Masyarakat dengan semua jenis
telepon selular dapat memanfaatkan layanan ini untuk memperoleh
informasi secara cepat tentang Covid-19 dan berbagai informasi yang
bermanfaat lainnya untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.
Chief Marketing Officer XL
Axiata, David Arcelus Oses XL Axiata mengatakan belum semua pelanggan
dan masyarakat menggunakan smartphone dan mengakses internet. Sebagian
dari mereka ternyata masih menggunakan telepon biasa, termasuk juga
mereka yang berdomisili di area yang belum terjangkau jaringan internet
secara memadai.
''Layanan telepon 321 ini
menjadi salah satu solusi untuk mempercepat penyebaran informasi seputar
Covid-19 secara lebih merata ke seluruh daerah di Indonesia mengingat
layanan ini dapat diakses oleh seluruh pengguna telepon selular di
Indonesia. Seluruh konten informasi pada layanan ini pun disediakan
dalam bahasa Indonesia,'' ujarnya.
David
menambahkan, saat ini layanan telepon 321 tersedia di seluruh 34
provinsi di Indonesia. Untuk memanfaatkan layanan ini, pelanggan cukup
melakukan panggilan telepon dengan menekan 321 dan mengikuti arahan
sesuai dengan informasi yang dibutuhkan.
Pelanggan
dapat menikmati panggilan bebas biaya untuk delapan telpon pertama.
Setelah delapan panggilan pertama setiap bulannya, selanjutnya berlaku
tarif dengan harga yang terjangkau Rp 250/menit. Panggilan bebas biaya
ini berlaku setiap bulannya.
''Seluruh konten
informasi terkait Covid-19 selaras dengan panduan nasional yang
dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan dan Gugus Tugas Percepatan
Penanganan COVID-19. Inisiatif ini didukung oleh Johns Hopkins Center for Communication Programs Indonesia melalui Program Breakthrough Action yang didanai oleh USAID,'' katanya.
Diharapkan
kampanye Berubah Usir Wabah dimana mempersembahkan Strategi Komunikasi
Perubahan Perilaku dalam Pencegahan Covid-19 dan Layanan Interactive
Voice Response 321 menjadi salah satu media edukasi pencegahan Covid-19,
selain itu juga dapat mengubah perilaku masyarakat menjadi lebih sehat.
Hotline Virus
Corona 119 ext 9. Berita ini disiarkan oleh Biro Komunikasi dan
Pelayanan Masyarakat, Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih
lanjut dapat menghubungi nomor hotline Halo Kemenkes melalui nomor hotline 1500-567, SMS 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat email kontak[at]kemkes[dot]go[dot]id