Cari Blog Ini

Jumat, 24 Maret 2023

Peserta KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo Bisa Nikmati Jaringan 5G

 


Jakarta, InfoPublik – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan peserta Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-42 atau ASEAN Summit 2023 di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9-11 Mei 2023 mendatang bisa mengakses jaringan 5G dari sejumlah titik, khususnya di venue-venue event.

"Terkait layanan seluler 4G sudah 94,51 persen dan beberapa titik sudah terdapat sinyal 5G," kata Ketua Tim Pusat Monitoring Telekomunikasi Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Ditjen PPI), Indra Apriadi Indra, dalam Konferensi Pers terkait Dukungan Kesiapan Kominfo pada Asean Summit 2023, di Kantor Kementerian Kominfo, Jumat (24/3/2023).

Ketua Tim Pusat Monitoring Telekomunikasi Kominfo mengatakan, koneksi jaringan seluler di Labuan Bajo sudah cukup mumpuni, dengan adanya 1.638 Base Transceiver Station (BTS) , yang terdiri atas 1.635 BTS 4G dan tiga BTS 5G.

Selain itu, akses telekomunikasi di wilayah ujung Pulau Flores itu juga diperkuat dengan jaringan fiber optik sepanjang 3.773,73 kilometer (km).

Kesiapan infrastruktur jaringan untuk KTT ASEAN ke-42 itu didukung sepenuhnya oleh perusahaan operator telekomunikasi nasional Telkom Group.

Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu menyediakan BTS Combat dan melakukan peningkatan (upgrade) sejumlah BTS eksisting di wilayah Golomari dan Labuan Bajo.

"Saat ini Telkom Group melaporkan itu sudah berjalan dengan progres sebesar 44,7 persen dan ditargetkan selesai minggu kedua April 2023," imbuh dia.

Sementara, Kementerian Kominfo melalui Pusat Monitoring Telekomunikasi juga memastikan layanan telekomunikasi tersebut berjalan lancar dengan melakukan monitoring infrastruktur dan kualitas layanan telekomunikasi saat KTT berlangsung.

“Kami melakukan pengawasan terhadap quality of service dan aduan masyarakat selama 24 jam dan kami pastikan akan mengawal khuus terkait dengan event (KTT ASEAN) ini,” tegas Indra.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kominfo, Usman Kansong, mengatakan Media Center KTT ASEAN 2023 disediakan dan dikelola sepenuhnya oleh Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg).

Dengan demikian, informasi terkait fasilitas, layanan, dan teknis media center akan diberikan oleh penyedia media center yang berlokasi di Hotel Bintang Flores, Labuan Bajo.

“Terkait KTT ke-42 di Labuan Bajo, Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik akan memberikan dukungan berupa pengelolaan website resmi Keketuaan Indonesia di ASEAN 2023 yaitu asean2023.id dan pengelolaan registrasi media secara daring,” jelas Usman Kansong.

Lebih lanjut Dirjen IKP Kominfo mengatakan, pengelolaan website resmi meliputi pengelolaan konten yang terdiri atas penulisan, penyuntingan, pembuatan, penerjemahan, dan pengunggahan konten siaran pers, artikel berita, infografik, foto, dan video terkait Keketuaan ASEAN 2023.

Selain itu, pengelolaan itu termasuk penyediaan dan pengamanan server dan website.

“Berita dan foto berasal dari para humas kementerian dan lembaga yang akan mengirimkan rilis kegiatan ASEAN di lingkungannya. Selain itu, Kemkominfo akan menurunkan tim untuk menulis dan menerjemahkan konten ASEAN,” pungkas Dirjen IKP Kominfo.

 

 

Sumber : https://infopublik.id/kategori/nasional-sosial-budaya/726046/peserta-ktt-asean-2023-di-labuan-bajo-bisa-nikmati-jaringan-5g