Cari Blog Ini

Rabu, 31 Mei 2023

Bahas Investasi, Menko Luhut Terima Kunjungan Investor Singapura di Kawasan IKN


 

Kaltim, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan menerima lebih dari seratus investor dari Singapura di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada Rabu (31/05/2023). Kunjungan ini diadakan untuk melihat perkembangan IKN serta menunjukkan potensi investasi bagi investor Singapura.

"Jadi Pak Tommy (Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Suryopratomo, atau yang akrab dipanggil Tommy) sebelumnya merancang kunjungan ini, sehingga lebih dari seratus investor dari Singapura datang untuk melihat perkembangan IKN ini dan potensi kerja sama investasi ke depan," kata Menko Luhut di lokasi.

Bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono, serta Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura, Suryopratomo, Menko Luhut menjelaskan bahwa ia melihat antusiasme para investor Singapura terhadap perkembangan dan progres pembangunan Ibu Kota Nusantara.

"Sebelumnya Pak Basuki sudah memperlihatkan progresnya dengan WP 1 (Wilayah Perencanaan 1), yang akan menjadi Kawasan Inti Pusat Pemerintahan, WP2, WP3, dan seterusnya, dengan potensi investasi yang bervariasi, salah satunya adalah green energy," ujarnya.

"Untuk green energy, deputi saya, Rachmat Kaimuddin (Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves), sudah menjelaskan bahwa kita memiliki program untuk mengekspor green energy ke Singapura. Harus end to end. Artinya kita dapat membangun pabrik panel surya dan volto voltagenya di sini, Indonesia memiliki bahan baku. Dengan demikian, masalah konten lokal, JETP, semuanya berjalan. Ini melibatkan semua aspek, jangan hanya melihat sebagian, tapi sistem keseluruhan yang akan dibangun. Sekali lagi, pemerintah membangun suatu ekosistem dengan tujuan menjadi negara industri dengan green energy," paparnya.

Menko Luhut menjelaskan bahwa pemerintah sedang mempercepat penyelesaian masalah tanah yang belum selesai. "Jadi kita mempercepat prosesnya dengan melibatkan Polda, Pangdam, BPN, dan semua pihak terkait bekerja sama secara intensif berdasarkan data untuk mempercepat pengadaan tanah," ujarnya.

Terkait kerja sama dengan Singapura, Menko Luhut direncanakan akan berkunjung ke Singapura bersama Presiden Jokowi. "Tanggal 5 Juni nanti saya akan ke Singapura karena diundang untuk memberikan penjelasan di dua forum, dan Presiden juga direncanakan akan memberikan pidato pada tanggal 7 Juni," pungkas Menko Luhut.

 

Sumber :  https://maritim.go.id/detail/bahas-investasi-menko-luhut-terima-kunjungan-investor-singapura-di-kawasan-ikn