Cari Blog Ini

Kamis, 01 Juni 2023

Kodim Pati Menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

 

KODIM 0718 PATI - Memperingati hari lahir Pancasila, jajaran Kodim 0718/Pati menggelar kegiatan upacara dipusatkan di halaman Gedung Juang 45 kabupaten Pati diikuti oleh Perwira, Bintara, Tamtama serta PNS TNI AD Kodim Pati serta Dinas Jawatan TNI AD di wilayah kabupaten Pati. Kamis,(01/06/2023).

Menjabat sebagai inspektur upacara adalah Kepala Staf Kodim (Kasdim) Pati Mayor Cba Maulana Muttaqin Fahmy membacakan amanat upacara dari Panglima Tentara Nasional Indonesia, Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

Pancasila merupakan dasar negara serta landasan ideologi bagi Bangsa Indonesia. Setiap nilai luhur yang terkandung di dalamnya telah menjadi dasar hidup bernegara sejak konsep Pancasila diperkenalkan oleh Soekarno pada 1 Juni 1945.

Setelah melalui proses diskusi yang mendalam, para founding fathers selanjutnya menyetujui Pancasila sebagai dasar negara yang sah serta dicantumkan dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Peringatan hari lahir Pancasila merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam 

merumuskan dasar negara Indonesia. Kita sebagai generasi penerus bangsa harus dapat memaknai Pancasila sebagai dasar negara dan sebagai landasan berperilaku dalam kehidupan bermasyarakat.

Sebagai prajurit TNI, kita harus meyakini bahwa Pancasila adalah alat pemersatu bangsa yang harus kita jaga sampai titik darah penghabisan.

Berkat Pancasila yang memiliki nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, maka keberagaman yang ada di Nusantara telah dapat dirajut menjadi identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.

Tema peringatan hari lahir Pancasila kali ini juga sangat relevan dengan tantangan dan situasi yang sedang dihadapi oleh segenap Bangsa Indonesia yakni "gotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global." Tema ini merupakan pengingat bagi kita semua betapa pentingnya semangat gotong royong untuk memajukan bangsa. 

Sejarah telah mencatat dan membuktikan bahwa seluruh permasalahan yang dihadapi oleh bangsa dapat kita hadapi dan selesaikan jika segenap komponen bangsa saling bergotong-royong dan bersatu padu.

Para prajurit sekalian yang saya banggakan dimanapun berada dan bertugas, Saat ini, banyak sekali upaya sistematis dan terus-menerus yang dilaksanakan oleh para oknum untuk menggerus nilai-nilai Pancasila.

Fenomena intoleransi dan polarisasi di tengah masyarakat terus mengemuka. Selain itu perbedaan suku, agama, ras, dan golongan juga terus diangkat guna memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini saya ingin berpesan kepada para prajurit sekalian untuk selalu menjaga dan melestarikan nilai-nilai Pancasila. 




Sumber : https://penkodimpati.blogspot.com/2023/06/kodim-pati-menggelar-upacara-peringatan.html