Cari Blog Ini

Kamis, 01 Juni 2023

Kunjungi Kios Khusus Difabel di Cepogo, Ganjar Ajak Jualan Via Medsos

 


BOYOLALI – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengajak warga difabel memanfaatkan platform media sosial, untuk aktivitas jual beli. Ia juga mengajak mereka agar mengoptimalkan fasilitas yang diberi pemerintah, untuk memamerkan karya agar dikenal lebih luas.
Hal itu disampaikan Ganjar, seusai menjadi inspektur upacara Hari Lahir Pancasila, di Alun-alun Pancasila, di Kecamatan Cepogo Kamis (1/6/2023). Setelah memimpin upacara, ia menyempatkan diri meninjau 16 kios UKM, yang mewakili 15 desa di Cepogo dan satu khusus untuk warga difabel, di sisi selatan patung garuda.
Perhatian Ganjar, kemudian tertuju kepada sebuah kios UKM yang diperuntukkan khusus bagi difabel.  Di sana ia melihat keterampilan warga disabilitas yang tergabung dalam Forum Komunikasi Difabel Boyolali (FKDB), tak kalah hebat dengan masyarakat umumnya. Ada yang membikin kerajinan batik, jamu, hingga jual beli bibit tanaman.
Koordinator FKDB Kecamatan Cepogo Suparjo mengaku diberi dua pesan khusus oleh Ganjar.
“Tadi disuruh untuk fokus di online agar makin laku, dan dengan adanya ruko di kecamatan ini diharapkan difabel bisa keluar bergabung dengan yang lain, agar bisa bersatu,” ucapnya.
Menurutnya, banyak dari difabel di Kecamatan tersebut yang memiliki karya. Namun, dengan kondisi yang dimiliki, mereka merasa kurang percaya diri dalam membaur dan memasarkan produk yang telah dimiliki.
Ia menyebut, selama ini masih kurang optimal memasarkan produk melalui platform digital. Namun, selalu saja ada produk yang terjual dalam kurun sebulan.
Ketua Umum FKDB Sri Setianingsih menyebut sangat terbantu dengan program pemerintah yang memfasilitasi ruko bagi disabilitas. Menurutnya, hal
Itu menjadi kesempatan bagi mereka menampilkan karya dan meningkatkan kepercayaan diri.
Saat ini, di Boyolali ada sebanyak 7.849 disabilitas yang tersebar di seluruh kecamatan.
“Memang ketika mendapat program dari bupati bisa menyasar hingga desa dan kecamatan. Jadi bisa merata dan disabilitas di Boyolali terberdayakan dan mandiri,” ujarnya.
Sementara itu, Bupati Boyolali M. Said Hidayat menyebut gagasan untuk memberikan kios bagi UKM tidak lepas dari prakarsa Ganjar.

“Ada 16 kios, yang kita bangunkan semua kita namakan desa di Cepogo. Tersisa satu untuk saudara kita difabel Cepogo. Ini juga atas pesan arahan beliau Pak Ganjar Pranowo, cintai bangun Boyolali  aja ana sing kether (jangan ada yang tertinggal),” pungkas Said. 





Sumber : https://jatengprov.go.id/publik/kunjungi-kios-khusus-difabel-di-cepogo-ganjar-ajak-jualan-via-medsos/