Cari Blog Ini

Selasa, 26 Maret 2024

Wamenag Apresiasi Program Kemaslahatan BPKH

 

Jakarta (Kemenag) - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) sebagai badan yang diamanatkan Undang-undang Nomor 34 Tahun 2014 sangat strategis dan menunjukkan eksistensi kehadiran negara dalam rangka mengelola dana setoran biaya haji masyarakat Indonesia.

“Karenanya, pengelolaan dana haji umat ini harus profesional dan memberikan dampak kemanfaatan bagi seluruh aspek kehidupan masyarakat,” terang Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki saat saat melaunching program Kemaslahatan Berkah Ramadan bersama BPKH 1445 H di Jakarta, Selasa (26/3/2024).

"Saya mengapresiasi BPKH atas program kemaslahatan ini. Semoga menjadi maslahat bagi semua yang merasakan manfaat dari program ini," sambungnya.

Wamenag menyampaikan, menjadi orang bermanfaat bagi orang lain merupakan perkara yang sangat dianjurkan oleh agama. Hal ini menjadi indikator berfungsinya nilai kemanusiaan yang sebenarnya.

"Eksistensi manusia sebenarnya ditentukan oleh kemanfataannya pada yang lain. Adakah dia berguna bagi orang lain, atau malah sebaliknya menjadi parasit buat yang lainnya. Permisalan umum yang sering diungkapkan adalah 'hiduplah bagai seekor lebah, jangan seperti lalat' " ungkapnya.

Seekor lebah, dijelaskan Wamenag, hidup selalu dari yang indah/bersih, hinggap di tangkai bunga tanpa mematahkannya, mengeluarkan zat yang sangat berguna atau menyehatkan yaitu madu.

"Secara filosofis, keberadaan kita di tengah masyarakat harus berimbas kemaslahatan buat yang lain. Dalam nuansa bulan suci Ramadhan tahun ini, apa yang telah dilakukan oleh BPKH dengan program Berkah Ramadhan ini adalah bentuk nyata kemanfaatan untuk umat dan masyarakat," tutur dia.

Kepala Badan Pelaksana BPKH, Fadlul Imansyah menyampaikan bahwa program yang diluncurkan ini adalah nilai manfaat dari dana abadi umat, yang tujuannya agar bisa dirasakan oleh masyarakat secara luas.

"Semoga pada ramadan ini, BPKH bisa lebih bermanfaat bagi semua umat manusia," harapnya.

Tampak hadir, Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi, Wakil Ketua Baznas, Muhammad Mahnum, dan para penerima manfaat Program Kemaslahatan BPKH. 



Sumber : https://kemenag.go.id/nasional/wamenag-apresiasi-program-kemaslahatan-bpkh-HRyRl