Cari Blog Ini

Rabu, 17 April 2024

Pimpin CFMCA, Menkeu Tekankan Peranan Penting Menteri Keuangan dalam Pencapaian Target NDC

 

 

Jakarta, Kemenkeu – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bersama Steven van Weyenberg, Menteri Keuangan Belanda memimpin Pertemuan ke-11 Coalition of Finance Ministers for Climate Action (CFMCA) atau Koalisi Menteri Keuangan untuk Aksi Iklim pada Rabu (17/4) di Washington, D.C., Amerika Serikat. Menkeu mengatakan bahwa peranan para menteri keuangan sangat penting dalam memenuhi target Nationally Determined Contribution (NDC) setiap negara. 

“Bukan hanya kontribusi keuangan, tapi juga partisipasi nyata dalam proses persiapan, revisi dan implementasi NDC, serta dalam mengembangkan kebijakan makroekonomi dan fiskal yang sehat,” terang Menkeu.

Pada pertemuan itu terdapat tiga topik diskusi yang dibahas, yaitu bagaimana mendorong fungsi Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dalam mendukung implementasi NDC, penghapusan subsidi yang merugikan lingkungan secara bertahap, dan mobilisasi pasar global untuk membiayai transisi.

“Pertemuan ini menjadi wadah yang penting bagi para menteri keuangan untuk dapat berbagi pengalaman dan best practices, termasuk dengan Kementerian Lingkungan Hidup sebagai National Focal Point untuk UNFCCC di negara masing-masing,” tukas Menkeu.




Sumber : https://www.kemenkeu.go.id/informasi-publik/publikasi/berita-utama/cfmca-11-menkeu