Cari Blog Ini

Rabu, 08 Mei 2024

Tingkat Aktivitas G. Ibu, Halmahera Utara dari Level II (Waspada) Menjadi Level III (Siaga) Tanggal 8 Mei 2024 Pukul 11.00 WIT

 

Kenaikan Tingkat Aktivitas G. Ibu, Halmahera Utara dari Level II (Waspada) Menjadi Level III (Siaga) Tanggal 8 Mei 2024 Pukul 11.00 WIT 
 

Gunungapi (G.) Ibu merupakan gunungapi tipe strato dan memiliki ketinggian puncak 1.340 meter di atas permukaan laut (dpl). Secara geografis, G. Ibu terletak pada posisi koordinat 1° 29’ LU dan 127° 38' BT dan secara administratif termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Ibu, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara. Gunungapi Ibu diamati secara visual dan instrumental dari Pos Pengamatan Gunungapi (PGA) yang berlokasi di Desa Gam Ici, Kecamatan Ibu, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara.

Dalam sejarah aktivitas vulkaniknya, letusan G. Ibu tercatat sejak tahun 1911 dan mulai tahun 1998 kembali mengalami letusan hingga saat ini dengan selang waktu erupsi terpendek satu tahun. Sejak tahun 1999 hingga saat ini G. Ibu mengalami erupsi menerus. Kondisi terkini G. Ibu adalah terbentuknya kubah lava di dalam kawahnya dengan pertumbuhan yang cukup signifikan hingga telah melampaui dinding kawah sehingga mengakibatkan terjadinya guguran lava ke arah utara dan barat laut.

Perkembangan terakhir aktivitas G. Ibu hingga 8 Mei 2024 adalah sebagai berikut :

  • Pengamatan visual G. Ibu periode 24-30 April 2024 pukul 06.00 WIT pada umumnya cuaca cerah hingga hujan. Angin lemah hingga sedang ke arah tenggara, selatan, barat daya, barat dan barat laut.
    • Pada 26 April 2024 pukul 19.19 WIT, terjadi erupsi dengan tinggi kolom teramati sekitar 2.000 m di atas puncak berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat daya dan barat. Teramati sinar api ± 700 m dari puncak dan terdengar suara dentuman disertai gemuruh kuat di ke Pos PGA Ibu, hujan abu jatuh di pemukiman warga sebelah barat dan barat daya.
    • Pada 27 April 2024 pukul 09.15 WIT, terjadi erupsi dengan tinggi kolom abu lk. 1.200 meter, kolom abu condong ke barat dan barat daya.
    • Pada 28 April 2024 pukul 00.37 WIT terjadi erupsi dengan tinggi kolom erupsi sekitar 3.500 meter, arah kolom erupsi ke barat, teramati petir dalam kolom erupsi, suara dentuman dan gemuruh terdengar sampai di Pos PGA Ibu. Hujan abu turun sampai di pemukiman warga sebelah barat dari G. Ibu.
    • Pada 29 April 2024 pukul pukul 21.37 WIT terjadi erupsi dengan tinggi kolom erupsi teramati ± 1.000 m di atas puncak, berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat dan barat laut. Pada erupsi ini teramati sinar api sekitar 500 m dan lontaran lava pijar ke arah barat, barat laut dan barat daya, pada erupsi ini juga terdengar suara dentuman disertai gemuruh sampai ke Pos PGA.
    • Pada 2 Mei 2024 pukul 23.14 WIT, terjadi erupsi dengan tinggi kolom erupsi teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak, berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah barat dan barat laut. Pada erupsi ini teramati sinar api sekitar 500 meter dan lontaran lava pijar ke arah barat daya. Teramati petir dalam kolom erupsi dan suara dentuman terdengar hingga ke Pos PGA Ibu.
    • Pada 8 Mei 2024 pukul 01.58 WIT terjadi erupsi dengan tinggi kolom erupsi teramati sekitar 2.000 meter di atas puncak, berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah timur dan tenggara. Teramati sinar api dan petir, dan suara gemuruh terdengar hingga ke Pos PGA Ibu.
  • Pengamatan kegempaan G. Ibu menunjukkan seismisitas yang tinggi. Rekaman kegempaan didominasi oleh jenis gempa letusan, gempa hembusan dan gempa vulkanik. Pada saat menjelang terjadinya erupsi, terekam rentetan gempa Vulkanik Dangkal yang cukup intens serta getaran tremor menerus.
  • Berdasarkan pemantauan visual dan instrumental hingga tanggal 8 April 2024, Badan Geologi menaikkan tingkat aktivitas G. Ibu dari Level II (WASPADA) menjadi Level III (SIAGA).
  • Dalam tingkat aktivitas Level III (SIAGA), direkomendasikan sebagai berikut:
    1. Masyarakat di sekitar G. Ibu dan pengunjung/wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 3 km dan perluasan sektoral berjarak 5 km ke arah bukaan kawah di bagian utara dari kawah aktif G. Ibu.
    2. Masyarakat di sekitar G. Ibu diharap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang erupsi G. Ibu dan tetap mengikuti perkembangan aktivitas G. Ibu melalui aplikasi MAGMA Indonesia yang dapat diunduh di Google Playstore atau melalui website https://magma.esdm.go.id, https://vsi.esdm.go.id, dan https://geologi.esdm.go.id.
    3. Pemerintah Daerah, BPBD Provinsi dan Kabupaten agar senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api Ibu, Desa Gamici, Kecamatan Ibu, Kabupaten Halmahera Barat, Maluku Utara atau Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi di Bandung.
  • Tingkat aktivitas G. Ibu akan ditinjau kembali jika terdapat perubahan visual dan kegempaan yang signifikan.

Demikian disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih.

 

Sumber : https://vsi.esdm.go.id/press-release/kenaikan-tingkat-aktivitas-g-ibu-halmahera-utara-dari-level-ii-waspada-menjadi-level-iii-siaga-tanggal-8-mei-2024-pukul-1100-wit