Rabu, 15 Maret 2017

Angin Puting Beliung sapu 17 Rumah di Desa Prawoto, Sukolilo, Pati

PATI- SUKOLILO – Sedikitnya 17 rumah rusak akibat angin puting beliung yang terjadi di Desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo, Pati pukul 15.00 WIB, Senin (13/3). Tidak ada korban jiwa dalam bencana alam itu.

Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati, Sanusi Siswoyo mengatakan, jika keruskan yang diakibat oleh angin puting beliung itu dialami rumah warga mulai dari kerusakan genting hingga robohnya pohon.

“Rusak ringan seperti genteng mlorot dan ada sebagian yang tertimpa pohon, alhamdulilah tidak ada korban jiwa maupun rumah roboh. Sehingga kemarin itu, bersama-sama warga, relawan, TNI, Polri menuju ke lokasi dan konfirmasi kepada kepala desa setempat. Jadi hari ini sudah dibersihkan,” terangnya.

Terkait bantuan, Kepala BPBD Pati, mengaku, sudah berkoordinasi dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dengan mengirim bantuan seadanya karena bencana ini terjadi pasca banjir yang merendam 45 desa beberapa waktu lalu. Dan pembersihan lingkungan akibat puting beliung ini sudah tertangani dari relawan, anggota TNI dan kepolisian.

Sanusi Siswoyo menambahkan, karena saat ini berada di musim yang ekstrim (hujan-panas) di Bulan Maret. Berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dari Januari hingga April 2017 diperkirakan masih hujan, meski intensitasnya normal namun tidak menutup kemungkinan terjadi angin puting beliung dan ombak di laut masih tinggi.

Baca juga: Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah di Gabus dan Winongkidul
“Sebaiknya masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan jika terjadi angin saat hujan agar segera berlindung ketempat yang aman, sedapat mungkin kalau itu terjadi ada banjir dan sebagainya agar mengamankan barang yang ada,” tambahnya.


Sumber Berita : http://wartapati.com/info-pati/angin-puting-beliung-sukolilo-pati/