Rabu, 08 Maret 2017

TPA Landoh Diperluas Dua Hektare Atasi Penumpukan Sampah





REMBANG – Pemkab Rembang merencanakan beberapa langkah untuk mengatasi problematika menumpuknya sampah di TPA Landoh, Kecamatan Sulang.
Beberapa langkah itu antara lain adalah rencana penambahan lahan seluas 2 hektare untuk perluasan TPA Landoh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Rembang sudah membidik lahan seluas 2 hektare milik warga Desa Landoh, yang berada tepat di sebelah selatan lokasi TPA saat ini.
Rencana perluasan TPA Landoh sudah mendapat persetujuan Bupati Rembang.
Kabid Pengelolahan Sampah Bahan Berbahaya dan Beracun dan Peningkatan Kapasitas BLH Kabupaten Rembang, Andreas Edi Gustono mengatakan, pembebasan lahan akan dimulai pada tahun 2018 mendatang.
Ia menyebut, jumlah sampah yang masuk saat ini sudah tidak sesuai dengan kapasitas TPA Landoh alias over kapasitas.
”Jumlah sampah yang masuk sudah tidak sesuai dengan kapasitas TPA Landoh. Artinya TPA Landoh over kapasitas sehingga perlu perluasan lahan untuk menampung sampah yang masuk,” terang Andreas.
Berdasarkan data dari BLH, saat ini lahan yang aktif digunakan untuk TPA Landoh seluas 2,1 hektare dengan kedalaman sekitar 20 meter, sehingga masih membutuhkan sedikitnya 2 hektare lahan lagi untuk bisa mengakses bantuan pengelolaan dari pemerintah.
Rata-rata, setiap hari ada 140 kubik sampah dari sepuluh armada truk pengangkut yang setiap hari beroperasi.
Jika dikelola dengan baik, TPA Landoh bisa dioperasikan hingga paling tidak 15 tahun mendatang. Selain perluasan TPA Landoh, BLH tahun ini juga akan mengaktifkan TPA di Desa Sidomulyo Kecamatan Sedan sebagai TPA Stay.
TPA tersebut nanti khusus akan menampung sampah-sampah yang berasal dari Rembang wilayah timur.
Terkait TPA Sidomulyo, BLH juga sudah mulai melakukan sosialisasi kepada masyarakat setempat. Jika masyarakat tidak berkeberatan maka TPA tersebut akan segera dioperasionalkan oleh BLH. :
Setelah sosialisasi, kami akan menunggu perkembangan dan penerimaan masyarakat setempat. Jika tidak ada masalah, akan segera difungsikan untuk menampung sampah dari wilayah timur,” ujar dia.

Sumber Berita :  http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/tpa-landoh-diperluas-dua-hektare/