Rabu, 05 April 2017

Fokus Ikuti Lomba di AS

PATI-Februari lalu, siswa dari Pati kembali menorehkan prestasi. Empat siswa SMAPGRI 2 Kayen berhasil menjadi juara dalam ajang bergengsi, Indonesian Science Project Olympiade (ISPO).
Di antara empat orang itu, salah satunya perempuan, yaitu Idha Purnamasari. Putri dari Supami itu berhasil lolos di tingkat nasional itu berkat temuannya, sabun cuci piring pasta yang terbuat dari abu sekam.
Selain dari faktor minim zat kimia, sabun cuci piring itu lebih keset dan memiliki harga yang jauh ekonomis karena bahan pembuatnya adalah sekam yang biasanya dibuang atau dijadikan bahan bakar batu bata.
”Awalnya saya tidak sengaja. Tapi melihat sekam yang hanya dibuang saja saya tertarik untuk mencari manfaatnya,” kata dia yang akrab disapa Idha.
Dia berharap hasil penelitian yang dilakukan bersama temannya, Klarisa Aulia Rahma itu dapat bermanfaat bagi masyarakat. Dia juga mengharapkan temuannya bisa dikembangkan lebih luas lagi.
”Sabun cuci piring pasta dari sekam ini sangat potensial dikembangkan. Selain bahan bakunya murah juga mudah didapat. Proses pembuatannya juga mudah,î kata siswi kelahiran Pati, 14 April 2000 itu.
Berkat temuannya itu perempuan asal Desa Jatiroto, Kecamatan Kayen berkesempatan mengikuti kejuaraan Genius di Amerika Serikat. Kompetisi itu rencananya berlangsung pada September hingga Oktober mendatang.
”Saat ini kami fokus mempersiapkan diri untuk mengikuti lomba di Amerika. Semoga bisa membawa hasil terbaik,îujar perempuan yang bercita-cita menjadi guru ini.

Sumber Berita : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/fokus-ikuti-lomba-di-as/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar