Cari Blog Ini

Kamis, 21 September 2017

Puas dengan Kualitas, Pengusaha Kontrak 500 Ton Beras

GROBOGAN-Beras kualitas baik yang diproduksi petani Grobogan menjadikan para pengusaha mulai memilih beras asal Grobogan. Hal itu karena beras tersebut disukai di pasaran.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Grobogan Karsono melalui Kasi Distribusi dan Perlindungan Konsumen Indri Agus Velawati mengatakan, saat digelar pameran, beras Grobogan selalu ramai dikunjungi pembeli karena harganya terjangkau dan berkualitas.

”Dari hasil pameran beberapa waktu lalu di Ambarawa, ada pengusaha langsung mengontrak membeli beras asal Grobogan. Jumlahnya mencapai 500 ton,” kata Indri.

Dikatakan, beras berkualitas ini dikarenakan petani Grobogan dikenal ulet dalam bertani. Selain itu juga karena ada dukungan irigasi yang bagus dan pemberian penyuluhan dari pemerintah daerah.

”Ada rencana dari kami untuk mematenkan beras asal Grobogan karena dikenal enak dan bagus kualitasnya,” terang dia.

Indri menambahkan, untuk membantu petani dalam penjualan, dinas berupaya aktif dalam membantu pemasaran. Yaitu mengikuti setiap pameran produk pertanian. Selain pemasaran, juga memberikan penyuluhan kepada petani.

Program lain adalah menyimpan hasil panen padi ketika harga mulai jatuh, di resi gudang Desa Dapurno, Kecamatan Wirosari. Gudang tersebut untuk penyimpanan dan pengeringan. ”Kami mengajak kepada petani agar menyimpan di resi gudang saat harga gabah jatuh. Ketika harga gabah tinggi baru dijual. Resi gudang juga bisa dibuat agunan pinjaman bank untuk permodalan,” ujarnya.


Sumber Berita : https://www.jawapos.com/radarkudus/read/2017/09/21/14882/puas-dengan-kualitas-pengusaha-kontrak-500-ton-beras