Cari Blog Ini

Jumat, 20 Oktober 2017

Atap Belasan Rumah Warga Rusak

SULANG-Warga diminta mewaspadai cuaca ekstrem yang muncul beberapa hari belakangan ini. Pasalnya, cuaca buruk itu kerap kali mengakibatkan munculnya sejumlah bencana. Seperti Rabu (18/10) sore kemarin. Belasan rumah di Dusun Borejo, Desa Bogorame, Kecamatan Sulang rusak ringan akibat angin puting beliung disertai hujan lebat. Padahal pada siang hari suasana cukup terik.
Munculnya angin kencang tersebut itu tentu saja mengejutkan warga. Imin, salah satu warga mengatakan, sekitar pukul 15.30 angin tiba-tiba saja berembus kencang dari arah selatan. Angin yang semakin kencang membuat genteng rumah warga berhamburan. ‘’Banyak yang memilih keluar rumah meskipun di luar hujan. Warga takut tertimpa genteng,’’ terang dia.
Dalam peristiwa yang berlangsung sekitar 15 menit itu memang tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, setelah kejadian banyak warga yang kebingungan. Pasalnya, warga tidak memiliki persediaan genteng untuk mengganti genteng yang rusak karena diterbangkan angin. Warga hingga Kamis siang terlihat masih bergotong royong membenahi genteng rumah yang rusak.
Datangi Lokasi
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Purwadi Samsi kemarin mengatakan, pihaknya langsung mendatangi lokasi yang terkena angin kencang di Dusun Borejo, Desa Bogorejo itu.
Dia menambahkan, dari pendataannya sebagian besar kerusakan terjadi di RT1 dan RW 2. ‘’Dari pendataan kami, ada 16 rumah yang mengalami kerusakan genteng rumah yang lumayan,” jelas dia. Dia menambahkan, sejauh dari pemantauan BPBD, warga masih mampu menangani kerusakan itu. ‘’Namun kami tetap melaporkan ke Pemkab untuk tindak lanjut,’’ucap dia.
Dari kejadian itu, dia berharap warga untuk mewaspadai potensi bencana. Pasalnya, saat ini tengah memasuki masa transisi dari musim kemarau ke musim penghujan atau yang biasa disebut pancaroba. ‘’Di masa peralihan ini biasanya banyak terjadi angin kencang dan hujan deras. Warga yang berada di daerah terbuka kami minta untuk waspada,’’tandas dia. Dia mengutarakan, angin kencang seringkali terjadi saat cuaca panas terik yang tiba-tiba diiringi mendung pekat. 


Sumber Berita : http://www.suaramerdeka.com/smcetak/detail/9766/Atap-Belasan-Rumah-Warga-Rusak