Cari Blog Ini

Jumat, 15 Desember 2017

Lima Ton Sampah di Karimunjawa Dibersihkan

JEPARA- Usai ditimpa cuaca buruk beberapa pekan lalu, warga Karimunjawa dibantu sejumlah instansi dan pelaku usaha pariwisata setempat melakukan kegiatan bersih pantai, Kamis (14/12). Hasilnya, 5 ton sampah berhasil dibersihkan.
Fatah Hidayat, selaku koordinator Sampah Pesisir Yayasan Pitulikur Pulo Karimunjawa menjelaskan, kegiatan itu difokuskan di Pelabuhan Barat (pelabuhan rakyat). Sebab, tumpukan sampah di lokasi itu sangat banyak lantaran hempasan gelombang laut. ”Dalam kegiatan itu, kami dibantu aparat TNI, Polri, Syahbandar, Trans Karimunjawa, perikanan dan kelautan, paguyuban segara, HPI Karimunjawa dan BTNKJ. Sampah yang terkumpul dan selanjutnya dibuang sebanyak 4-5 ton,” terangnya.
Ia menuturkan, sampah sebanyak itu selanjutnya dibuang ke tempat pembuangan akhir (TPA) yang dibuat sendiri. Hingga saat ini, pemerintah belum membuatkan TPA di Karimunjawa.Disinggung keberlanjutan agenda positif tersebut, Fatah menuturkan, pihaknya telah merencanakannya untuk digelar bersih-bersih pantai sekali dalam dua pekan. Itu lantaran potensi sampah yang kandas di pantai Karimunjawa cukup banyak selama musim angin barat (baratan) ini. 


Sumber Berita : http://www.suaramerdeka.com/smcetak/detail/21663/Lima-Ton-Sampah-di-Karimunjawa-Dibersihkan