Cari Blog Ini

Sabtu, 02 Desember 2017

Hujan Deras dan Angin Kencang Robohkan Sejumlah Rumah

JEPARA- Hujan deras disertai angin kencang, menimbulkan sejumlah masalah di wilayah Kabupaten Jepara. Cuaca yang buruk menimbulkan gelombang laut yang besar dan merusak di sejumlah garis pantai Jepara. Di kawasan Pantai Sikembu, Ujung Batu, Demaan, dan Kawasan Pantai Teluk Awur, kombinasi ombak dan angin menimbulkan kerusakan.
 Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jepara, Lulus Suprayitno menyebutkan ada sedikitnya enam rumah yang dilaporkan roboh akibat terjangan ombak, pada Jum’at (1/12). Jumlah kerugian materiil masih terus diinventarisir, karena ada banyak laporan mengenai dampak dari cuaca buruk yang terjadi kali ini.
“Ada Empat rumah dilaporkan roboh di Kelurahan Demaan. Sedangkan dua rumah lainnya, berlokasi di Kelurahan Ujungbatu. Semua berada di pinggiran pantai,” ujar Lulus Suprayitno.
 Sementara itu, dari data di Polsek Jepara Kota, cuaca ekstrem tersebut menimbulkan kerusakan pada Jumat (1/12) dinihari mulai sekitar jam 03.00 WIB. Angin kencang dan hujan deras membuat jaringan listrik padam. Sementara ombak besar yang terjadi menimbulkan banjir di beberapa kampung dekat kawasan pantai. Selain itu,  ada sembilan rumah roboh di Kelurahan Ujung Batu, Jepara.
Rumah yang roboh diketahui milik Priyadi, ?Sugito, ?Mudhofar, Nelayan, ?Kaswat,  dan ?Siti Fatimah, masing-masing merupakan warga Ujungbatu RT 15/04. Lainnya diketahui merupakan milik  ?Mustakim,  ?Situ, dan  ?Tabari, masing-masing merupakan warga Ujungbatu Rt. 016/004. Para petugas Polsek Jepara Kota, Kodim 0719 Jepara dan para relawan SAR Jepara serta petugas BPBD Jepara telah melakukan langkah-langkah tanggap darurat.
 Kapolsek Jepara AKP Sriyono menyatakan, setiap tahun di kawasan pesisir pantai Ujung Batu memang selalu ada kejadian rumah roboh. Selain karena kondisi bangunannya kurang memadai, lokasinya yang berada dipinggir pantai persis membuat ancaman ini selalu ada setiap tahun. Pada kejadian terakhir, para pemilik rumah yang roboh mengungsi dirumah saudara terdekat. Barang-barang dalam rumah sudah dipindahkan dan diamankan.
 “Pada kejadian kemarin tidak ada korban jiwa. Namun demikian, memang angin dan ombak yang besar ini harus diwapadai. Saya minta warga yang tinggal di lokasi rawan bisa mengunsi sementara,” ujar AKP Sriyono, Jumat (1/12) siang.


Sumber Berita : http://www.wawasan.co/home/detail/1718/Hujan-Deras-dan-Angin-Kencang-Robohkan-Sejumlah-Rumah