Cari Blog Ini

Sabtu, 19 Mei 2018

77 Titik Perlintasan Tak Berpalang Ditutup

GROBOGAN- Dinilai membahayakan masyarakat khususnya pengendara yang melintas, PT KAI Daop 4 Semarang melakukan program penutupan perlintasan di 77 titik perlintasan tanpa palang.
Penutupan, dilakukan bekerja sama dengan pihak Direktorat Keselamatan Perkeretaapian, Balai Pengembangan Teknik Perkeretaapian Wilayah Jateng, Dishub dan Pemda setempat.
Kegiatan penutupan ini ditujukan kepada perlintasan yang membahayakan bagi pengguna jalan raya. Perlintasan, ditutup lantaran tidak adanya petugas yang menjaga perlintasan.
Sebanyak 77 titik perlintasan yang akan ditutup ini sebagian besar perlintasan yang ada di Kabupaten Grobogan berdasarkan rencana program tahun 2018.
“Tahun 2017 lalu ada 133 titik perlintasan yang sudah berhasil ditutup. Sementara pada tahun 2018 ini, diprogramkan ada 77 titik yang akan ditutup. Program penutupan ini dilaksanakan dalam rangka peningkatan keselamatan perjalanan kereta api dan keselamatan bagi pengguna jalan raya,” jelas Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang Suprapto.
Total jumlah pelintasan di wilayah Daop 4 Semarang sampai saat ini sebanyak 512 titik. Dari jumlah tersebut, 76 titik yang dijaga petugas KAI, 33 titik dijaga pihak Dishub atau swasta.
Kemudan, 25 titik adalah fly over atau under pass, dan 378 titik tidak terjaga. Rencananya pihak KAI Daop IV/Semarang akan menambah petugas untuk ditugaskan sebagai penjaga perlintasan.
Hal ini dilakukan menjelang momen lebaran yang identik dengan mudik dan alat transportasi massal kereta api ini masih memiliki banyak peminat. Untuk itu, pihaknya akan menambah penjaga perlintasan sebanyak 119 orang.
“Kita ingatkan, bahwa palang pintu dan penjaga pelintasan hanyalah alat bantu keamanan semata. Kami menghimbau kepada masyarakat yang akan melintas di pelintasan jalur rel dengan jalan raya agar mematuhi rambu lalu lintas yang ada,” jelas Suprapto.


Sumber Berita : http://www.wawasan.co/home/detail/4194/77-Titik-Perlintasan-Tak-Berpalang-Ditutup