Cari Blog Ini

Kamis, 07 Juni 2018

Angkutan Barang Tak Boleh Beroperasi Jumat Malam Ini

BANDUNG,  - Menyusul kemungkinan arus mudik mulai menggeliat pada akhir pekan ini, Kementerian Perhubungan meminta truk-truk angkutan barang untuk tak melewati jalan tol selama dua hari mulai Jumat hingga Sabtu (8-9/6).
Kebijakan itu lebih cepat dari larangan beroperasi yang sebelumnya dikeluarkan Menhub dengan masa berlaku mulai H-3. Kementerian melalui Ditjen Hubdat sudah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan ke pengusaha angkutan barang.
Hal tersebut dikatakan Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Hindro Surachmat, di sela-sela apel gelar pasukan Dishub Jabar di Bandung, Kamis (7/6). "Kebijakan itu tak terlepas dari perkiraan kami bahwa tanggal 9-10 Juni akan menjadi titik kritis, kemacetan tinggi, dengan kondisi tersebut kita imbau truk tak masuk ke jalur utama," tandasnya.
Akhir pekan ini diperkirakan arus kendaraan yang keluar dari Jakarta ke Jateng bakal berlangsung tinggi. Menyusul cuti bersama yang lebih panjang, masyarakat bakal lebih awal menuju kampung halamannya.
Karena sebatas imbauan, Hindro Surachmat menyarankan pengemudi truk untuk melewati jalur arteri Pantura yang relatif lebih sepi. Mereka diminta tak masuk ke tol seperti Tol Cikampek dan Tol Cikopo-Palimanan.
Kebijakan tersebut berlaku sejak Jumat (9/6) mulai pukul 18.00 WIB hingga Sabtu (10/6) pukul 24.00 Wib. Langkah ini di luar ketentuan yang sebelumnya diberlakukan bahwa truk dilarang beroperasi mulai H-3 dan di akhir masa arus balik.
Kebijakan berbeda diambil Dishub Jabar. Mereka sama sekali tak mau pergerakan truk menganggu mobilitas kendaraan pemudik. Untuk itu mereka memanjangkan masa larangan tersebut.
"Kita berlakukan larangan tersebut sejak H-7 hingga H+7. Jalan kan merupakan sistem, tak bisa kita larang sebagian karena kalau sebatas arteri nanti juga mereka kalau ada hambatan larinya ke tol juga," tandasnya.



Sumber Berita : https://www.suaramerdeka.com/news/baca/93483/angkutan-barang-tak-boleh-beroperasi-jumat-malam-ini