Cari Blog Ini

Minggu, 30 Desember 2018

Gempa 7,1 SR Melanda Filipina tidak Berdampak Tsunami

BADAN Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menginformasikan gempa dengan kekuatan 7,1 pada skala Richter di perairan Filipina. Pusat gempa tepatnya di 193 kilometer di sebelah timur Kota General Santos di Filipina atau 201 kilometer timur laut di Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi Utara, Sabtu (29/12) pukul 11.39 Wita.
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, menyebut pusat gempa pada kedalaman 69 kilometer. Pasific Tsunami Warning Center milik The National Weather Service telah mengeluarkan peringatan dini tsunami. Namun, peringatan dini tsunami tak dikeluarkan oleh Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).
"BMKG tidak mengeluarkan peringatan dini tsunami karena gempa tidak berpotensi tsunami," kata Sutopo, Sabtu (29/12).
Gempa terasa hingga Provinsi Davao Oriental dan Davao Ocidental, Filipina, dalam skala intensitas V MMI. Guncangan gempa juga dirasakan masyarakat Indonesia, seperti di Melonguane Kep Talaud dalam skala intensitas IV MMI, Tahuna, Kep Sangihe intensitas III-IV MMI, Siau Sitaro, Tobelo, Morotai, intensitas III MMI, sedangkan Manado, Ternate, Jailolo intensitas II MMI.

Sumber :  http://mediaindonesia.com/read/detail/207220-gempa-71-sr-melanda-filipina-tidak-berdampak-tsunami