Cari Blog Ini

Senin, 15 Juli 2019

Gempa Magnitudo 6 Guncang Bali, Tidak Berpotensi Tsunami


JAKARTA, KOMPAS.com- Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 6 mengguncang Pulau Bali, Selasa (16/7/2019) pukul 07:18 WIB.
Gempa ini berpusat di 83 kilometer Barat Daya Nusa Dua Bali dengan kedalaman 68 kilometer.
Kepala Humas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Akhmad Taufan Maulana mengatakan, gempa terasa di berbagai daerah seperti Badung, Denpasar, Mataram, Lombok Tengah, Lombok Barat, Karangkates, Sumbawa, Lombok Timur, Lombok Utara,Jember, dan Lumajang.
Informasi gempa ini juga diunggah melalui akun Twitter BMKG, @infoBMKG.

BMKG menyatakan bahwa gempa ini tak berpotensi tsunami.



Sumber : https://regional.kompas.com/read/2019/07/16/07392151/gempa-magnitudo-6-guncang-bali-tidak-berpotensi-tsunami 


Gempa Bali Terasa hingga Jawa Timur, Tercatat Ada 9 Gempa Susulan   



KOMPAS.com — Sebanyak 9 gempa susulan terjadi setelah gempa bumi magnitudo 6,0 yang kemudian dimutakhirkan menjadi magnitudo 5,8 mengguncang Kabupaten Jembrana, Bali.
Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Rahmat Triyono mengatakan, gempa susulan ini terjadi dengan besaran magnitudo berbeda-beda.
"Hingga pukul 10.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan 9 kali aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitude terbesar 3,2 dan magnitude terkecil 2,4," kata Rahmat saat dihubungi Kompas.com, Selasa (16/7/2019) pagi.

Pusat gempa berlokasi di laut berjarak 80 kilometer arah selatan Kota Negara, Kabupaten Jembrana, Provinsi Bali, dengan kedalaman 104 kilometer.
Rahmat menjelaskan, gempa bumi terjadi karena adanya aktivitas subduksi Lempeng Indonesia-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasia.
"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis naik mendatar (oblique thrust fault)," ujar dia.

Gempa bumi terasa di beberapa daerah, bahkan hingga ke wilayah Jawa Timur, seperti Jember dan Lumajang.
Getaran di daerah Badung dirasakan oleh hampir semua penduduk, terdapat beberapa kerusakan, seperti gerabah pecah, jendela dan sebagainya pecah, barang-barang terpelanting, serta tiang-tiang besar tampak bergoyang.
Guncangan juga terasa di Nusa Dua, Denpasar, Mataram, Lombok Tengah, Lombok Barat, Mataram, Banyuwangi, Karangkates, dan Sumbawa.
Rahmat menegaskan, gempa bumi ini tak memicu gelombang tsunami.


Sumber :  https://nasional.kompas.com/read/2019/07/16/11045711/gempa-bali-terasa-hingga-jawa-timur-tercatat-ada-9-gempa-susulan