Cari Blog Ini

Rabu, 20 Mei 2020

Lagu ‘Nyalakan Harapan’ Persembahan Musisi Bagi Tenaga Medis dan Relawan COVID-19

JAKARTA – Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo menyempatkan diri menerima para musisi kondang Indonesia. Mereka akan mempersembahkan sebuah lagu sebagai bentuk dedikasi para tenaga medis dan relawan dalam penanganan COVID-19.

Sejumlah musisi yang didampingi Diaz Hendropriyono itu berbagi kisah-kisah yang dihadapi selama pandemi COVID-19. Purwacaraka menyampaikan bahwa industri dan pendidikan musik terdampak.

“Semua pendidikan dan kursus dihentikan dan saat ini sudah online,” ujar Purwacaraka saat berkunjung di Graha BNPB, Jakarta pada Selasa lalu (19/5).

Sedangkan musisi lain, Joy Tobing, “bersyukur dengan Covid dan melihat ada sisi positif untuk dekat dengan keluarga. Main piano dan menyanyi. Pekerja seni membuat kita lebih bersyukur dan rendah hati. Ada hikmah dalam arti kehidupan.”

Sementara itu, Doni berpesan bahwa kemampuan adaptasi kita semua dibutuhkan untuk menyikapi pandemi ini.

Semua giat ada, dari rumah dan di rumah. Peningkatan stres akan terjadi. The new normal harus sesuai dengan protokol kesehatan. Sabar sambil menunggu situasi. Agenda musik sudah harus dipikirkan dalam melaksanakan konser serta perlu strategi untuk perlu memperhatikan seni musik di masa depan.

Pada kesempatan itu, para musisi menyampaikan bahwa sejumlah musisi kondang tanah air akan menyumbangkan sebuah lagu untuk para tenaga medis dan relawan. Mereka memberikan judul lagu ‘Nyalakan Harapan.’ Lagu tersebut diciptakan oleh Rene Sinclair, sedangkan Katon Bagaskara membuat lirik lagu dan music arranger Purwacaraka mengaransemennya.

Saat tatap muka tersebut, musisi Purwacaraka, Rene Sinclair, Agus Wisman dan Joy Tobing menyampaikan permintaan kepada Doni Monardo, yang juga Kepala BNPB, untuk memberikan puisi penyemangat. Puisi ini akan disatukan dalam klip lagu persembahan.

“Ini untuk memberikan semangat kepada para medis. Ada 25 musisi ternama yang akan menyanyikan lagu tersebut,“ kata Rene.