Cari Blog Ini

Senin, 16 Mei 2022

Menparekraf Apresiasi Naruna Creative Space Sebagai 'Pandemic Winner' Ciptakan Lapangan Kerja di Salatiga

 


Salatiga, 16 Mei 2022 - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi kehadiran "Naruna Creative Space and Cafe" dan menyebutnya sebagai pandemic winner karena mampu mendorong kebangkitan ekonomi dan membuka peluang kerja di Salatiga, Jawa Tengah. Bahkan kini Naruna Creative Space juga telah berkembang dengan memasarkan produk-produknya ke pasar internasional. 

Naruna Creative Space and Cafe" merupakan cafe instagramable yang juga dilengkapi dengan co-working space. Tidak hanya itu, ruang kreatif yang berada di Jalan Sawosari, Kota Salatiga, ini juga memiliki daya tarik sebagai pusat kriya dengan menghadirkan kelas pembuatan kerajinan keramik "Pottery Class" serta ruang meeting. 

"Kami mengapresiasi Naruna ini sudah menjadi sebuah inspirasi dari awalnya hanya tiga orang karyawan, menjadi 150 orang. Naruna ini muncul dari ide-ide yang luar biasa dari sebuah garasi. Seperti beberapa perusahaan dunia seperti Apple, Microsoft, hingga Google yang dimulai dari garasi. Karena garasi itu penuh inspirasi,” katanya.

Awalnya, Naruna Creative Space yang berdiri di tahun 2021 merupakan pabrik yang memproduksi cangkir keramik dengan kualitas terbaik yang telah mampu menembus pasar di beberapa negara yaitu Qatar, Australia, dan juga India. 

Model atau desain dari Cangkir Keramik ini beraneka ragam dengan kualitas ekspor.

“Dengan ekspor ke-12 negara ini, menjadi wujud bangga buatan Indonesia dan juga beli kreatif Indonesia, karena ini dekat dengan Destinasi Super Prioritas Borobudur. Ke depan kita akan buatkan travel pattern untuk masuk ke dalamnya,” kata Sandiaga.

Menparekraf berharap Naruna Creative Space and Cafe dapat terus melakukan inovasi untuk memperkuat daya tarik bagi wisatawan. 

"Saya yakin Naruna ini menjadi anomali karena diciptakan saat pandemi dan menjadi pandemic winner dan diharapkan mampu menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi khususnya di Salatiga dan bisa menjadi creative space. Yang lebih menarik lagi, pengunjungnya sudah mencapai 5.000 perbulan,” katanya.

Sementara itu pemilik Naruna Creative Space, Roy Wibisono, Naruna memiliki arti leader atau pemimpin. Selama hampir 2 tahun membangun, usahanya terus berkembang dengan mengimplementasikan strategi-strategi pemasaran di dalamnya. 

“Kami ingin menjadi leader keramik di dunia. Kenapa kami bisa maju? karena kami membuat suatu strategi, kami melakukan riset pasar, kami juga riset desain yang diinginkan customer, produksinya diperkuat dan tim digital marketing-nya juga diperkuat. Jadi semuanya harus kuat dan leadership membuat sesuatu yang harus diinginkan. Tempat ini hampir dua tahun dan omzetnya mencapai 700 juta perbulan,” ujarnya.

Turut hadir mendampingi Menparekraf Sandiaga Uno, Direktur Event Daerah Kemenparekraf/Baparekraf, Reza Fahlevi; Direktur Kuliner, Kriya, Desain dan Fesyen Kemenparekraf/Baparekraf, Yuke Sri Rahayu, Direktur Pengembangan Destinasi I Kemenparekraf/Baparekraf, Harwan Ekoncahyo, serta Direktur BOB, Indah Juanita. 



Sumber : https://kemenparekraf.go.id/berita/siaran-pers-menparekraf-apresiasi-naruna-creative-space-sebagai-pandemic-winner-ciptakan-lapangan-kerja-di-salatiga