Cari Blog Ini

Rabu, 17 April 2024

Pesan video Sekretaris Jenderal PBB kepada Koalisi Menteri Keuangan untuk Aksi Perubahan Iklim

 

Yang Mulia, teman-teman,

Bencana iklim adalah bencana ekonomi.

Sebagai menteri keuangan, Anda tahu betul hal itu. 

Badai, banjir, kebakaran, dan kekeringan menghancurkan perekonomian di seluruh dunia.

Dana yang seharusnya digunakan untuk membangun jalan, mendidik anak-anak, dan menyembuhkan orang sakit, kini tertelan oleh krisis iklim.

Namun Anda tahu bahwa tanpa tindakan, biaya yang dikeluarkan saat ini hanya akan tampak seperti perubahan kecil.

Kita masih bisa menghindari dampak terburuk dari kekacauan iklim dengan membatasi kenaikan suhu global hingga 1,5 derajat Celcius. Tapi hanya jika kita bertindak sekarang.

Sangat penting bagi semua negara untuk membuat rencana aksi iklim nasional yang baru dan ambisius – atau Kontribusi yang Ditentukan Secara Nasional – pada tahun depan.

Rencana ini harus selaras dengan batas 1,5 derajat, yang mencakup seluruh emisi dan perekonomian secara keseluruhan, serta mencerminkan keadaan nasional.

Dan mereka harus memetakan jalur yang adil untuk menghentikan penggunaan bahan bakar fosil, dan memanfaatkan manfaat energi terbarukan. 

Menteri keuangan berperan penting dalam merancang rencana iklim nasional yang mendukung rencana pembangunan nasional, dan juga berfungsi sebagai rencana investasi nasional – yang mendorong pembangunan berkelanjutan.

Dan Anda adalah kunci dalam memobilisasi pendanaan untuk NDC, dan dalam mengembangkan kebijakan dan peraturan untuk mendukung implementasinya – kebijakan yang memberikan kejelasan dan kepastian kepada investor: mulai dari harga karbon yang efektif hingga mengakhiri subsidi bahan bakar fosil.

Saya dengan hangat menyambut seruan Aksi Koalisi untuk melibatkan para menteri keuangan dalam NDC.

Dan saya mendorong Anda untuk membantu memperbaiki sistem keuangan kita – untuk mewujudkan ambisi maksimal dan keadilan maksimal.

Kita membutuhkan negara-negara maju untuk menepati janji mereka dalam hal pendanaan – termasuk adaptasi.

Kita memerlukan kontribusi yang signifikan terhadap Dana Kerugian dan Kerusakan yang baru, dan hasil keuangan yang kuat dari COP29 tahun ini. 

Dan kita memerlukan instrumen keuangan yang inovatif, kapitalisasi yang memadai, dan reformasi model bisnis bank pembangunan multilateral – untuk meningkatkan potensi pinjaman mereka dan untuk memobilisasi lebih banyak pendanaan swasta.

Yang Mulia,

Akhir dari era bahan bakar fosil akan segera tiba.

Hal ini tidak dapat dihentikan.

Namun pendanaan sangat penting untuk mempercepat perubahan ini, dan meraih manfaat dari ketahanan ekonomi yang didukung oleh energi terbarukan.

Dunia mengandalkan Anda untuk memimpin upaya ini. 

Bersama-sama, mari kita terus berupaya mewujudkan aksi iklim ambisius yang layak diterima oleh manusia dan planet ini.

Terima kasih.

 

Download the video: https://s3.amazonaws.com/downloads2.unmultimedia.org/public/video/evergreen/MSG+SG+/SG+12+Apr+24/3196462_MSG+SG+FINANCE+MINISTERS+CLIMATE+ACTION+12+APR+24+2.mp4

 

 

Sumber : https://www.un.org/sg/en/content/sg/statement/2024-04-17/secretary-generals-video-message-the-coalition-of-finance-minister-for-climate-action