ASIANPARAGAMES2018 asianparagames2018 ASIANPARAGAMES2018

Cari Blog Ini

Sabtu, 09 Juni 2018

Layanan Kesehatan Disiapkan 24 Jam Arus Mudik dan Balik di Kudus

KUDUS-- Layanan kesehatan di Kudus disiapkan 24 jam menghadapi arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Kebijakan diterapkan agar pemudik dan warga lokal mendapat pelayanan kesehatan maksimal menjelang, saat, dan paska Idul Fitri. Kepala Dinas Kesehatan Joko Dwi Putranto, Jumat (8/6) menyatakan, di Kudus terdapat 19 puskesmas. Puskesmas yang mempunyai fasilitas rawat berada di 10 lokasi, misalnya Jekulo, Rejosari (Dawe), dan Sidorekso (Kaliwungu).
”Puskesmas dengan layanan rawat inap disiagakan 24 jam,” katanya. Puskesmas lain menjalankan kewajiban pelayanan seperti biasa. Secara khusus, puskemas yang berada di jalur Pantura Timur mendapat penekanan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan di kawasan tersebut.
Upaya tersebut sebagai antisipasi, karena akses penghubung di sekitar puskesmas merupakan jalur utama Semarang-Surabaya. Layanan kesehatan disiapkan di pos pengamanan yang digelar polres. Di setiap pospam, disiapkan seorang dokter, perawat dan pengemudi. ”Bila terjadi sesuatu, dapat langsung ditangani,” paparnya.
Direktur RSUD Loekmonohadi, Aziz Achyar, menegaskan hingga H-3 pelayanan kesehatan masih dilakukan seperti biasa. Saat libur Lebaran, disiagakan dokter umum secara bergilir. ”Sedangkan dokter spesialis kami siapkan on call,” ujarnya.
Dipersiapkan
Anggota DPRD Kabupaten Kudus dari PDIP, Agus Imakudin, berharap Dinas Kesehatan dan jejaring yang dimiliki mempersiapkan pelayanan kesehatan saat Lebaran. Sejak saat ini harus disiapkan personel untuk menempati posnya masing-masing. ”Ketika dibutuhkan, benar-benar siap peralatan dan personel,” paparnya.
Segala sesuatunya harus diatur sebaik mungkin untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Saat libur panjang Lebaran harus diantisipasi permintaan pelayanan kesehatan. Terlebih, mengantisipasi terjadinya kecelakaan atau kejadian luar biasa sepanjang arus mudik dan balik. 


Sumber Berita :  https://www.suaramerdeka.com/smcetak/baca/94115/layanan-kesehatan-disiapkan-24-jam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

close
Banner iklan disini