#BHINEKA TUNGGAL IKA #MAULID NABI MUHAMMAD SAW 2024 #KESAKTIAN PANCASILA 2024 MENUJU PUNCAK KOMPETISI PEPARNAS XVII SOLO #PEPARNAS XVII SOLO 6-13 OKTOBER 2024
IBL ALL INDONESIA 2024 #liga2 indonesia baru 2024/2025 #liga2 indonesia baru 2024/2025 # BWF World 2024 # BWF World 2024 #BRI LIGA1 2024-25 #liga1 indonesia baru 2024/2025 #MOTOGP 2024 #MOTOGP2024 #MOTOGP 2024 #PILKADA SERENTAK 2024 #BALON GUBERNUR JATENG PEMILU 2024 #TAHAPAN BALON BUPATI KABUPATEN PATI  PEMILU 2024

Cari Blog Ini

Kamis, 30 November 2017

Website Sejumlah OPD Diretas

BLORA- Website milik sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) dan kecamatan di Blora diserang hacker sejak kemarin. Setidaknya ada empat peretas yang melancarkan aksinya sejak Selasa (28/11) menjelang tengah malam. Namun diduga ketiga hacker tersebut adalah satu orang. Indikasinya, penampilan retasan di website hampir sama.
Selain itu juga aksinya dilancarkan pada waktu hampir bersamaan dan mayoritas menyasar website sejumlah kecamatan. Rupanya website kecamatan itulah yang menjadi sasaran empuk peretas amatiran tersebut. Pasalnya aplikasi pengamanan website kecamatan lebih longgar dibanding website OPD lainnya di Pemkab Blora, sehingga mudah ditembus pembajak.
Empat nama hacker yang meretas website menyebut dirinya Mr Vangke404, TryDee, nginxDEX dan LCR999X. Adapun website yang diserang, antara lain website Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindikcapil) dan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR).
Selain itu, website Kecamatan Blora Kota, Kecamatan Banjarejo, Kecamatan Ngawen, Kecamatan Jati, Kecamatan Todanan, Kecamatan Randublatung, Kecamatan Sambong, Kecamatan Jepon, Kecamatan Bogorejo dan Kecamatan Kradenan. Website-website yang diserang itu menginduk di website milik Pemkab Blora yang dikelola Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo).
Kerusakan terparah akibat serangan hacker tersebut ada di website Dindukcapil. Terdapat gambar besar di website Dindukcapil yang diunggah peretas. Si hacker seakan mengejek dengan mengunggah gambar orang menangis lantaran penampilan situs di internet tersebut tidak normal.
‘’What your mind dude? ‘’Anti- Hack ?’’ kata Si Hacker di laman yang diretas. Adapun serangan hacker lainnya terbanyak hanya pada bagian header atau atas website. Serangan itu pun tidak sampai mengganggu konten website.
Sudah Diperbaiki
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Blora Sugiyono melalui Kepala Seksi (Kasi) Aplikasi Informatika Siti Nurlaely mengaku sudah mengetahui adanya serangan hacker di sejumlah website yang menginduk di website blorakab.go.id.
‘’Terbanyak yang diserang adalah website kecamatan,’’ ujarnya kemarin. Meski pengelolaan website yang diserang itu selama ini bukan tanggung jawab Dinkominfo, Siti Nurlaely mengakui tetap berupaya mendampingi melakukan perbaikan.
‘’Kami mengerahkan petugas untuk melakukan penanganan. Sejauh ini sudah ada beberapa website yang berhasil diperbaiki. Untuk yang belum, akan dilakukan penangangan lebih lanjut,’’ tandasnya. 


Sumber Berita : http://www.suaramerdeka.com/smcetak/detail/18715/Website-Sejumlah-OPD-Diretas