Cari Blog Ini

Jumat, 11 Mei 2018

Ini Alasan Pegawai PDAM Dididik Disiplin Ala Militer

REMBANG-Disiplin terus ditanamkan bagi Pegawai Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Rembang. Supaya memiliki tanggung jawab besar dalam bekerja mereka dilatih kedisiplinan ala militer.
Layaknya tentara. Style rambut juga diperhatikan. Beberapa karyawan laki-laki yang rambutnya panjang dipotong cepak. Petugas yang memotong rambut dari instruktur yang juga anggota Kodim 0720 Rembang.
Begitupun usai mereka bangun tidur. Mereka tidak boleh malas-malasan. Mereka diajak hidup sehat dengan berolahraga. Termasuk rutinitas makan, mereka diajari tata cara sikap duduk santun di depan meja.
Potret inilah yang terlihat di hari kedua uji kompetensi pegawai PDAM Rembang. Mereka tidak sekadar menerima materi pengetahuan. Lebih dari itu mereka benar-benar disiapkan menjadi pegawai yang handal.
Salah satu instruktur dari Kodim 0720/ Rembang Bamin Ops Karmin mengatakan, hari pertama karyawan dibekali kedisiplinan. Cakupannya luas, mulai disiplin waktu, berpakaian dan menjalankan diklat sesuai aturan.
”Tidak hanya itu saja selama empat hari mereka dibekali wawasan kebangsaan dan bela negara hingga diwujudkan outbound. Termasuk, diajari PBB, semuanya dalam rangka memunculkan kepemimpinan,” paparnya.
Instruktur sekaligus Direktur Akademi Tekhnik Tirta Wiyata Magelang Awaluddin Setya Aji menyampaikan, peserta mendapatkan  materi dasar penyediaan air minum. Termasuk, elemen yang ada di dalam. Setelah itu, mereka menerima materi teknik dan manajemen.
”Untuk teknik dari sumber air, menyalurkan air dan menjaga kualitas air, termasuk menangani dan mendeteksi kebocoran. Lalu manajemen dari sisi keuangan, SDM, administrasi, sehingga diharapkan mereka memiliki pemahaman mendasar terhadap bidang kerja,”terangnya.
Terpisah, Direktur PDAM Rembang M. Affan menyampaikan, pembinaan mental sangat penting. Pasalnya sangat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. ”Selama dua hari saya lihat materi pembinaan mental dari Kodim 0720 Rembang sangat bagus. Saat ada follow up kepada 22 karyawan akan menumbuhkan etos kerja dan team work,” paparnya.