#FESTIVAL KULINER PATI 2024

Cari Blog Ini

Kamis, 07 Juni 2018

PT PLN Kit TJB Jepara Berbagi Kebahagiaan lewat Festival Ramadan

JEPARA – PT PLN (Persero) Pembangkitan Tanjung Jati B (Kit TJB) kembali menggelar Festival Ramadan di Lapangan Desa Kaliaman, Kembang, kemarin. Tahun ini menjadi kali keempat PT PLN Kit TJB menyelenggarakan acara tersebut.
Selama satu hari penuh, berbagai kegiatan digelar bagi masyarakat di wilayah ring I PT PLN Kit TJB itu. Beragam hadiah disiapkan. Mulai dari mesin cuci, televisi, lemari es, dan beragam hadiah menarik lain.
Sebagaimana tahun sebelumnya, PT PLN Kit TJB menyelenggarakan Festival Ramadan bekerja sama dengan Karang Taruna Desa Tubanan, Kaliaman, Bondo, LSM Bagaskara, dan Jawa Pos Radar Kudus.
Beragam kegiatan digelar, mulai dari penyaluran sembako murah untuk 2.000 duafa, bagi takjil gratis untuk 2.000 duafa, serta santunan kepada 350 yatim piatu di ring I PT PLN Kit TJB.
Ada juga lomba kesenian khas Jepara di saat puasa (tongtek) sampai lomba ranking I antar-SMP. Lomba ranking I ini, mengompetisikan siswa antar-32 SMP se-Kecamatan Kembang dan Bangsri.
Pada Festival Ramadan kali ini, PLTU Tanjung Jati B juga menawarkan promo menarik bagi masyarakat. Di antaranya gratis tambah daya listrik untuk rumah ibadah dan diskon 50 persen tambah daya untuk pelanggan.
Masyarakat menyambut antusias acara tersebut. Sejak pagi, masyarakat sudah berdatangan di lokasi Festival Ramadan. Di sana ada stan-stan dan panitia yang sudah bersiaga untuk melayani warga yang melakukan penukaran kupon sembako murah. Khusus untuk pengambilan sembako murah, dilayani tiga stan sesuai dengan desa masing-masing. Mulai Desa Tubanan, Desa Bondo, dan Desa Kaliaman.
Sekitar pukul 11.00, kegiatan berlanjut dengan lomba tongtek yang kali ini melibatkan desa-desa di sekitar PT PLN Kit TJB. Total ada 17 kelompok peserta unjuk kebolehan di depan para juri.
Usai lomba tongtek, dilakukan penyerahan santunan anak yatim dan duafa secara simbolis. Penyerahan simbolis itu dilakukan oleh General Manager PT PLN Kit TJB Komang Pramita. Ada lebih dari 350 anak yatim dan anak berkebutuhan khusus yang mendapatkan santunan.
Jelang buka puasa, ada tausiyah khusus bagi warga yang ambil bagian di kegiatan Festival Ramadan. Dilanjutkan dengan buka bersama di lokasi acara. Terakhir, ada pengundian hadiah untuk warga yang sebelumnya telah memperoleh kupon undian. Beragam hadiah disiapkan. Mulai dari kulkas hingga beragam hadiah menarik lain.
General Manager PT PLN kit TJB Komang Parmita mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian pada masyarakat, khususnya bagi yang kurang mampu. Melalui kegiatan ini, pihak PT PLN Kit TJB berharap bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan Hari Raya Idul Fitri. Di sisi lain, beragam lomba yang digelar juga sebagai upaya membina generasi muda agar mau melestarikan kebudayaan lokal Jepara.
Di tahun ini juga ada beberapa hal baru. Salah satunya lokasi acara. Pelaksanaan acara kali pertama digelar di Desa Kaliaman. Di mana tiga tahun sebelumnya dilaksanakan di Desa Tubanan. Harapannya, pemerataan kemeriahan di seluruh desa ring I setiap menyambut Ramadan.
Dia juga menyatakan, ada kebanggaan bisa menyelenggarakan acara ini. ”Ke depan kami berkomitmen untuk meneruskan agenda-agenda baik semacam ini. Agenda ini bisa membuka tali silaturahmi di antara kami (pengelola perusahaan PLTU Tanjung Jati B) dengan warga sekitar,” ungkapnya.
Danramil Bangsri, Sugiri mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan PT PLN Kit TJB ini. ”Rangkaian kegiatan berjalan tertib mulai awal hingga akhir,” tuturnya.
Hal serupa disampaikan Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi. Dia mengatakan, ke depan diharapkan kegiatan positif yang diselenggarakan PT PLN Kit TJB ini semakin berkembang. ”Tidak hanya di ring I tapi bisa meluas,” ungkapnya. Pria yang akrab disapa Andi ini berpesan agar semua menjaga tali silaturahmi. ”Jangan sampai mudah dipecah-belah,” harapnya. 


Sumber Berita : https://radar.jawapos.com/radarkudus/read/2018/06/07/79727/pt-pln-kit-tjb-jepara-berbagi-kebahagiaan-lewat-festival-ramadan