Cari Blog Ini

Rabu, 02 Januari 2019

Jaga Tradisi, Pagelaran Wayang Akan Diadakan Tiap Kecamatan

 
KUDUS - Guyuran hujan tak menyurutkan kemeriahan pagelaran wayang yang digelar di Bale Jagong Sport Center Wergu Wetan semalam (31/12). Bupati Kudus, H.M. Tamzil ikut menyaksikan bersama ribuan masyarakat yang hadir. Bahkan, dirinya mencanangkan akan membawa pagelaran pewayangan tur keliling kecamatan.


Tamzil berharap masyarakat dapat melestarikan kesenian tradisional yang saat ini perlahan-lahan mulai hilang tergerus modernisasi zaman. "Dengan diselenggarakanya pagelaran wayang ini diharapkan mampu membangkitkan semangat kesenian tradisional daerah," ujarnya. Ini merupayan upaya agar kesenian tradisional mendapatkan tempat di hati masyarakat. "Biar masyarakat tahu betapa berharganya nilai sebuah kesenian daerah," tuturnya.

"Nanti kami bawa pagelaran wayang keliling kecamatan-kecamatan dalam satu tahun sekali," lanjutnya. Sehingga seluruh masyarakat di desa bisa menikmati pagelaran ini di kecamatannya masing-masing.

Dirinya menghimbau pagelaran wayang diselenggarakan setiap ada kerja bakti resik-resik desa. Untuk dalangnya, Tamzil berharap dalang dari Kudus sendiri. "Insya Allah pagelaran wayang kami mulai dari Kabupaten dulu, setelah itu bisa ke tingkat kecamatan dan di desa," terangnya.


Pagelaran tersebut diselenggarakan untuk menyambut malam pergantian tahun sekaligus memberikan tontonan edukatif bagi masyarakat Kudus yang hadir malam itu. Pergantian tahun ditandai oleh penyalaan kembang api.Pagelaran kesenian tradisional wayang kulit sendiri diselenggarakan oleh H.Haryanto pemilik salah satu perusahaan otobus di Kudus.



Sumber :  http://kudusnews.com/main/read/1/news/1520/jaga-tradisi-pagelaran-wayang-akan-diadakan-tiap-kecamatan